Baru & Mencengangkan! 45 Fakta Unik Qatar

Qatar merupakan sebuah negara emirat yang ada di Timur Tengah, terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab yang ada di Asia Barat. Satu-satunya batas darat mereka ialah Arab Saudi yang ada di selatan, sementara sisanya berbatasan dengan Teluk Persia.

Qatar merupakan negara dengan memiliki pendapatan ekonomi yang cukup tinggi, di mana berhasil ditopang oleh cadangan gas alam dan minyak yang terbesar ketiga di dunia. Bahkan, negara ini juga berhasil masuk ke dalam negara yang berpendapatan per kapita tertinggi sedunia.

Fakta unik tentang Qatar, digolongkan sebagai negara yang mempunyai indeks pembangunan manusia dengan sangat tinggi dan bahkan paling baik diantara negara Arab yang lain.

Qatar juga memegang peranan atau pengaruh yang cukup penting di belahan dunia. Qatar sendiri akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 dan menjadi negara Arab pertama yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola terbesar di dunia.

Fakta Unik Qatar

Fakta Unik Qatar

1. Doha (Ad Dwha) merupakan ibukota Qatar, yang memiliki arti "kebulatan", berdasar dari Centre for Geographic Information System.

2. Menurut dari Global Peace Index, Qatar merupakan termasuk ke dalam salah satu negara dari 30 negara yang paling aman di dunia.

3. Negara Qatar berhasil mengalami suatu pertumbuhan ekonomi yang begitu signifikan, hingga pada akhirnya bisa menjadikan Qatar sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

4. Qatar akan menjadi tuan rumah FIFA World Cup yang akan dihelat pada tahun 2022 yang akan datang, di mana menjadi negara Arab pertama yang berhasil menyelenggarakan kompetisi sepak bola tersohor di dunia.

5. Museum Sheikh Faisal Bin Qassim Al Thani menjadi salah satu museum pribadi paling besar. Bahkan, museum ini sangat cocok diperuntukkan bagi para pecinta seni, pecinta budaya, hingga sejarawan.

6. Orang asing bisa berinvestasi perihal bisnis di Qatar. Akan tetapi, 51% bisnis harus dimiliki oleh penduduk pribumi Qatar itu sendiri. Orang asing tak diperbolehkan untuk membeli perumahan di Qatar, kecuali di The Pearl, yakni pulau buatan yang begitu eksklusif dan mewah.

7. Pemerintah Qatar mencanangkan tes darah gratis untuk pasangan yang akan melakukan pernikahan, guna mendeteksi resiko genetik anaknya yang nanti akan dilahirkan.

8. Menurut dari World Airlines Award 2015, Qatar Airways berhasil menjadi penerbangan terbaik di dunia. Peringkat ini sendiri juga berhasil didapatkan pada tahun 2011 dan 2012 silam.

9. Bandara Doha atau yang lebih dikenal dengan Bandara Internasional Hamad, merupakan bandara terbaik di Timur Tengah, dengan berhasil mengalahkan 2 bandara lain di Uni Emirat Arab.

10. Puncak tertinggi yang ada di Qatar merupakan Tuwayyir Al Hamir, yang memiliki tinggi hanya 103 meter saja.

11. Sementara itu, titik terendah terdapat di Teluk Persia.

12. Qatar berhasil merdeka dari Inggris di tahun 1971 dan untuk hari kemeredekaan diakui pada tanggal 3 September setiap tahunnya.

13. Bahasa Arab msenjadi bahasa nasional Qatar. Akan tetapi, ada juga bahasa lain yang dipergunakan oleh para pendatang, seperti bahasa Inggris, Perancis, Urdu, Malayalam, hingga Tagalog.

14. Qatar berhasil menyelenggarakan MotoGP setiap tahunnya yang dihelat di sirkuit Internasional Losail, yang terletak di bagian utara Qatar.

15. Harga BBM (bensin, dan lain sebagainya) di Qatar begitu murah, sekitar setengah dolar untuk 1 liter bensin, atau kira-kira sekitar Rp 6-7 ribu.

16. Qatar menjadi salah satu negara dengan memiliki tingkat obesitas tinggi di dunia dibandingkan dengan Amerika Serikat. Hampir setengah orang dewasa dan sepertiga anak-anak di Qatar adalah kegemukan.

17. Penerbangan terbaik di dunia ialah Qatar Airways.

18. Salah satu pemandangan populer di Qatar ialah Aspire Academy Sports Dome yang berada di Doha, dengan menjadi salah satu stadion olahraga terbesar di dunia.

19. Teh karak menjadi minuman yang paling populer bagi penduduk lokal Qatar dan bagi para pendatang.

20. Al Corniche merupakan salah satu landmark tertua yang ada di Qatar, berupa jalan untuk berjalan kaki sepanjang 5 km jauhnya. Orang-orang bisa berjalan, piknik, latihan, atau bahkan hanya sekadar duduk-duduk saja.

21. Qatar menjadi negara dengan produsen LNG (Liquefied Natural Gas) terbesar, yang mampu menghasilkan sekitar belasan miliar kaki kubik LNG setiap harinya.

22. Bandara Internasional Hamad berhasil dibuka pada tahun 2014 silam dengan sekitar sebanyak 50 juta penumpang datang dan pergi setiap tahun. Bahkan, bandara ini menjadi bandara terbesar nomor 9 di dunia.

23. Makanan tradisional Qatar ternyata dipengaruhi oleh makanan India dan Iran. Sementara itu, makanan istimewa Qatar ialah machboos, motabel, ghuzi, biriani, tabbouleh dan hummus.

24. Thoub merupakan pakaian tradisional laki-laki Qatar dan thous adalah kemeja putih yang panjang. Sementara itu, pakaian wanitanya merupakan abaya.

25. Hari libur di Qatar jatuh pada hari Jumat dan Sabtu. Pada hari Jumat pagi, toko akan tutup dan kembali buka setelah menunaikan sholat Jumat di sore harinya.

Fakta Unik Tentang Qatar

26. Pemuda di Qatar tak sempat menjadi pengangguran karena memang orang-orang Qatar memiliki kompetensi yang bagus.

27. Bebas pajak penghasilan tahunan. Walaupun pekerja asing seperti TKI (Tenaga Kerja Indonesia), tetap tak akan diperkenankan adanya pajak penghasilan.

28. Dahulu, Qatar hanya negara yang miskin karena sebagian besar wilayah Qatar hanya terdiri atas gurun yang tandus.

29. Tepat di tahun 1939, bagai menemukan harta karun, ditemukan adanya cadangan minyak yang begitu banyaknya di bawah tanah Qatar, sehingga bisa mengubah drastis posisinya di kancah internasional.

30. Qatar memiliki boneka Teddy Bear raksasa setinggi 7 meter, dipamerkan di Bandara Internasional Doha, dengan memiliki maksud untuk mengobati rasa rindu para turis dengan masa kecil atau kampung halamannya masing-masing.

31. Tingkat kejahatan di Qatar yang nyaris tidak ada atau sangat rendah.

32. Qatar menjadikan Al Quran sebagai undang-undang tertinggi. Tak boleh ada lagi konstitusi yang lebih tinggi dari Al Quran.

33. Balap unta menjadi olahraga dan hiburan yang populer di Qatar.

34. Negara mungil dengan sebagian besarnya merupakan para imigran atau para pendatang, yang kebanyakan berasal dari Asia Selatan dan Filipina.

35. Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani menjadi salah satu emir termuda pada sejarah Qatar, di saat dirinya berhasil meraih kekuasaan pada bulan Juni 2013 saat menginjak usia 33 tahun.

36. Pearl Qatar merupakan pulau buatan manusia yang ada di Doha, dengan memiliki luat sekitar 4 juta meter persegi dan kepemilikan dibebaskan untuk warga negara asing.

37. Qatar menjadi negara yang memiliki rasio rendah terkena bencana alam.

38. Tak ada pemandangan yang bisa dilihat dengan menarik dan bahkan hampir tak ada bukit. Ketinggian rata-rata saja hanya 28 meter.

39. Qatar juga menjadi salah satu tempat paling urban di dunia, dengan sebanyak 99% penduduknya menghuni rumah di kota.

40. Qatar juga menjadi negara yang tanpa hutan. Tidak hanya Qatar saja, ada beberapa negara lain seperti San Marino, Greenland dan Oman yang sama-sama tak memiliki hutan.

41. Kebanyakan orang Qatar suka dengan makanan yang manis.

42. Kebanyakan orang Qatar tak menggunakan alat untuk makan. Makanan disajikan di piring yang besar dan orang yang akan memakannya menggunakan roti untuk menyendok makanan yang sudah tersaji.

43. Bunga nasional Qatar ialah qataf.

44. Burung nasional Qatar adalah elang.

45. Kemah menjadi salah satu kegiatan outdoor paling populer yang dilakukan di pantai ataupun di gurun.

Just someone who love to be called as Blogger, love to make Blogger template to spend a spare time.

Posting Komentar

Back To Top